Langsung ke konten utama

Resensi Generasi Strawberry




Judul: Strawberry Generation
Penulis: Prof. Rhenald Kasali, Ph.D
Penerbit: Mizan
Tahun Terbit: 2017
Jumlah Halaman: 279 halaman
Resensi oleh: Afif Yati
Prof. Rhenald Kasali menyebut generasi saat ini sebagai generasi strawberry. Diibaratkan strawberry, generasi saat ini terlihat bagus tapi rapuh. Bahkan digosok dengan sikat gigi saja ia bisa rusak. Padahal sikat gigi terasa lembut bagi gigi kita. Singkatnya, generasi ini cenderung lemah, malas, minim pengalaman, tidak pandai mengambil keputusan, mudah terluka hatinya, sulit keluar dari zona nyaman, dan bermental passenger.
Kenapa generasi ini menjadi seperti strawberry? Penulis menyebutkan setidaknya ada tiga kesalahan dalam pembentukan generasi ini yaitu kesalahan dalam pengasuhan orang tua, kesalahan dalam pendidikan, dan kondisi lingkungan yang sudah berubah.
Sebagian besar masyarakat kita memiliki kecukupan finansial untuk memenuhi segala kebutuhan anaknya. Anak-anak itu kemudian akan hidup dalam kemudahan dan minim perjuangan. Segala hal bahkan bisa dibantu oleh orang tuanya seperti masuk ke sekolah ternama hingga masuk ke perusahaan besar. Tak hanya itu, orang tua sekarang banyak yang serba mengatur anaknya, superprotektif. Akhirnya anak tersebut tidak bisa mengambil keputusan sendiri, tidak kaya pengalaman, tidak berani menaklukkan tantangan. Orang tua seperti ini akan membuat pikiran anak ‘lumpuh’ dan bermental passenger. 
Wajah pendidikan kita saat ini cenderung melelahkan dan membosankan. Anak diajarkan begitu banyak mata pelajaran. Pelajaran tersebut sebagian besar mengandalkan otak kiri dan sedikit sekali yang menghargai otak kanan. Minat dan bakat anak tidak terakomodasi dengan baik sehingga tidak berkembang. Anak dipaksa berada di bidang yang bukan minat dan bakatnya sehingga ia yang bisa jadi pintar di bidang lain dikatakan bodoh karena tidak tuntas pelajaran matematika, fisika, geografi. Tak hanya itu, beberapa pelajaran dapat dilakukan dengan mengamati alam, menguji skill, malah hanya dilakukan di kelas dengan ceramah guru yang terkesan hanya memindahkan isi buku ke kepala anak.
Kehidupan yang membosankan itu kalah dengan kehidupan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi saat ini, salah satunya game. Di sekolah, kecerdasan anak dinilai dari bidang yang tidak sesuai dengan dirinya, dipaksa memahami segudang pelajaran dalam waktu yang sama, dikukung mengikuti apa yang ada di buku. Di rumah, anak yang gagal dalam beberapa mata pelajaran mungkin akan dimarahi oleh orang tuanya. Ia mungkin bahkan dipaksa mendalami bidang yang tidak ia suka karena orang tua tidak memahami minat dan bakatnya, bahkan ada pula yang cuek saja ketika anaknya berprestasi. Game menawarkan kehidupan yang berbeda dari keduanya. Di game, si anak disambut bak pahlawan, lalu diberikan kesempatan berjuang, diberikan senjata yang serba keren, diberi bintang setiap menyelesaikan misi atau menunjukkan kerja yang bagus, ketika gagal ia diberikan kesempatan lagi, saat berhasil ia sangat dielu-elukan. Maka saat ini saingan guru dan orang tua adalah game. Bisakah guru dan orang tua menghadirkan kehidupan yang semenarik dan seapresiatif di game?
Kita menyadari betul bahwa generasi ini lahir di zaman perkembangan teknologi yang sedang hebat-hebatnya. Dunia mereka kini berpindah ke teknologi seperti gawai, komputer, tablet, dan lain-lain salah satunya seperti cerita game di atas. Akhirnya anak kurang kesempatan hidup di dunia nyata, kurang mengeksplorasi alam, dan kurang terlatih empati sosialnya. Di satu sisi mereka menjadi orang yang jago berteknologi, di sisi lain ia akan menjadi kurang berpengalaman, tidak pandai mengaplikasikan ilmunya di kehidupan sehari-hari, tidak pintar mencari solusi, individualis, dan tidak berempati sosial.
Ketika memasuki dunia kerja, anak-anak tersebut akan ‘parah’ juga. Mereka tidak akan betah bekerja dalam tekanan. Bekerja dalam kondisi yang tak sesuai harapan mereka saja mereka tidak betah. Mereka akan cengeng dan tidak tahan menghadapi kritik. Mereka tidak fleksibel terhadap perubahan dan beragamnya masalahnya yang terjadi. Menghadapi anak-anak ini memang sulit. Mereka generasi manja. Oleh karena itu, perusahaan memiliki tantangan baru yaitu melatih anak-anak ini untuk ‘hidup’ sedikit demi sedikit. Namun, apakah selamanya akan seperti itu? Generasi strawberry ini akan tersingkir oleh anak-anak yang bermental driver.
Dari penjelasan di atas sudah cukup menggambarkan generasi strawberry. Penulis juga memberikan saran solusi yang sejatinya berkaca dari tiap-tiap poin masalah yang dijabarkan di atas. Selamat mencoba!
Buku ini merupakan kompilasi tulisan-tulisan penulis yang dimuat di beberapa media massa. Buku ini memberikan kritik yang mendalam bagi kehidupan kita terutama orang tua, pendidik, dan generasi strawberry itu sendiri. Tulisan dengan gaya bertutur membuat segala keresahan, nasihat, dan saran penulis seperti disampaikan bertatap secara langsung. Kasus-kasus yang sangat dekat dengan kehidupan kita akan membuat kita beberapa kali tertampar. Selamat membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Pendidikan: Review

Pendidikan adalah masalah bersama. Dinamika yang ada di dalamnya selalu menarik untuk dibahas. Setiap orang berusaha menyampaikan gagasan, ide, saran, bahkan kritik untuk memperbaiki wajah pendidikan. Oleh karena itu, sampai saat ini kajian tentang pendidikan belum selesai, bahkan semakin ramai. Buku ini adalah salah satu cara menyampaikan gagasan, ide, saran, atau kritik yang dimaksud. Berisi catatan-catatan sederhana tapi kaya akan makna. Tentang ilmu, sejarah pendidikan, tradisi keilmuan, pemikiran tokoh, dan juga nasehat-nasehat orang besar yang dicatat dalam sejarah peradaban Islam. Sebuah refleksi pemikiran untuk mewujudkan wajah pendidikan yang lebih beradab. Begitulah sinopsis menarik di sampul belakang buku yang berjudul “Catatan Pendidikan”. Buku karya Muhammad Ardiyansyah ini adalah sebuah buku pemikiran pendidikan versi ringan setebal 154 halaman yang dicetak di kertas HVS putih ukuran A5. Secara fisik dan redaksi, buku ini sangat cocok untuk pembaca pemula atau p...

mikroplastik

Mikroplastik adalah Makroproblem Oleh: afif Yati ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ ۚ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِينَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, agar mereka merasakan sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah ). (Ar Rum:41-4 2 ) Ayat di atas secara tersurat menyatakan adanya kerusakan di darat dan di laut akibat tangan manusia serta manusia diperintahkan untuk memperhatikannya atau mentadabburinya. Tanpa menyampingkan beragam tafsir ayat tersebut, secara dangkal kita semua telah disadarkan tentang kerus...

Hanya Ketakutan Sekejap

  Memasuki penghujung masa kuliah ini, kepalaku diselimuti banyak pikiran. Tentu saja pikiran tentang skripsi, ditambah lagi tentang kehidupan setelahnya. Orang-orang menyebut hal ini sebagai quarter life crisis , yaitu masa-masa di mana seseorang mengkhawatirkan masa depannya. Tidak jauh-jauh, kekhawatiran itu seputar karir, jodoh, rejeki, dan impian-impian. Sesuai namanya, kondisi ini biasanya dialami oleh orang di usia sekitar 20-25 tahun. Ya, seperti aku ini. Ketakutanku ini semakin menjadi-jadi di saat aku memasuki fase finalisasi skripsi. Aku masih belum yakin betul setelah lulus kuliah akan melakukan apa. Pandemi covid-19 rasanya semakin memperparah ketakutanku karena berpotensi besar mengacaukan rencana-rencanaku. ' Kuliah memang berat, jadi pengangguran lebih berat' . Begitu terus kalimat yang kupikirkan. Ketakutanku ini tidak hanya soal kekhawatiran kegagalan diriku pribadi. Hal ini juga terkait dengan kemungkinan bisa atau tidaknya aku memenuhi janjiku kepada ...